Bupati Samosir, Kepala BBPPTP Medan, Bersama Petani Tanam Bibit Kopi di KPT Hariara Pintu

Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom ST, Kepala Balai Besar Pembibitan dan Proteksi Tanaman Perkebunan (BBPPTP) Medan Ir Parlin Robert Sitanggang, pimpinan OPD, bersama kelompok tani, melakukan penanaman bibit kopi di Kawasan Pertanian Terpadu (KPT) Desa Hariara Pintu, Kecamatan Harian, Rabu (11/10/2023).

topmetro.news – Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom ST, Kepala Balai Besar Pembibitan dan Proteksi Tanaman Perkebunan (BBPPTP) Medan Ir Parlin Robert Sitanggang, pimpinan OPD, bersama kelompok tani, melakukan penanaman bibit kopi di Kawasan Pertanian Terpadu (KPT) Desa Hariara Pintu, Kecamatan Harian, Rabu (11/10/2023).

Bibit Kopi yang ditanam merupakan bantuan dari BBPPTP Medan jenis Arabica sebanyak 50.000 batang. Selain bibit kopi, BBPPTP Medan juga memberi bantuan pupuk NPK 2,5 ton dan pupuk organik 10 ton. Bantuan tersebut dalam rangka mendukung pengembangan Kawasan Pertanian Terpadu (KPT).

Plt Kadis Ketapang dan Pertanian Dr Tumiur Gultom SP MP menjelaskan, bantuan bibit kopi dan pupuk tersebut disalurkan kepada 4 kelompok tani penerima. Yakni, Poktan Saut Tani 21.500 batang bibit kopi, 4.300 kg pupuk organik, dan 1.075 kg NPK. Potan Taruli Tani mendapatkan 17.500 batang bibit kopi, 3.500 kg pupuk organik, dan 875 kg NPK. Poktan Tani Maju 1.000 batang bibit kopi, 200 kg pupuk organik, dan 50 kg NPK. Dan untuk Poktan Sumber Tani (Desa Huta Galung) 10.000 batang bibit kopi, 2.000 kg pupuk organik, dan 500 kg NPK.

Kepala BBPPTP Medan Ir Parlin Robert Sitanggang berharap bantuan itu dapat memberi dampak langsung kepada para kelompok tani penerima. “Kami pastikan bahwa bibit kopi yang kami berikan adalah bibit yang bersertifikat. Jika ada kendala di lapangan nantinya, jangan terus putus asa. Bapak/ibu jangan berhenti di suatu masalah. Semua pasti ada solusinya. Kami dari balai siap membantu dan siap berkonsultasi,” kata Parlin.

Parlin berjanji untuk tahun depan, BBPPTP Medan juga akan memberikan bantuan pertanian kepada kelompok tani. Hal itu guna mendukung suksesnya Kawasan Pertanian Terpadu di Desa Hariara Pintu.

Harapan Bupati

Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom ST menyampaikan terima kasih kepada BBPPTP Medan atas bantuan itu. Ia juga berharap BBPPTP Medan membantu dan mendukung Pemkab Samosir dengan mendatangkan bantuan-bantuan lainnya di Kawasan Pertanian Terpadu.

Kepada poktan penerima, Bupati minta agar segera melakukan penanaman dan perawatan dengan baik. Dalam proses penanaman dan perawatannya, Bupati meminta tenaga penyuluh pertanian agar intens dalam melakukan pendampingan kepada para petani.

Mewakili penerima bantuan, Ketua Poktan Sumber Tani Tamaisi Br Lumbanbatu dan Ketua Poktan Saut Tani Sahala Situmorang, menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Samosir dan BBPPTP Medan.

“Terima kasih. Kami akan berupaya maksimal untuk merawat hingga panen nantinya. Ke depan, agar kami terus diperhatikan. Karena masih banyak bantuan lainnya yang kami butuhkan,” ujar Tamaisi Lumbanbatu.

Pj Kades Hariara Pintu Josro Tamba juga menyampaikan hal yang sama. Bantuan itu ia yakin akan semakin memotivasi para petani untuk semakin bersungguh-sungguh melakukan pertanaman di Kawasan Petanian Terpadu.

Namun, Josro berharap agar ke depan para petani mendapat pembinaan dan pelatihan, bagaimana bercocok tanam yang baik, dengan perkembangan modernisasi.

Kepada para petani, Josro meminta agar jangan mudah terpancing isu-isu negatif. Dan jika ada masalah atau kurangnya komunikasi, jangan langsung mengadu di media sosial. Karena itu tidak akan menyelesaikan masalah.

Turut hadir, Kadis Kominfo Immanuel TP Sitanggang, Tim Bupati Percepatan Pembangunan Samosir Marhuale Simbolon dan Raun Sitanggang, serta para pejabat dari Dinas Ketapang dan Pertanian, dan Kantor Camat Harian.

sumber | RELIS

Related posts

Leave a Comment